4 Tips Yang Harus Kalian Ikuti Untuk Menghindari Masalah Pada PC atau Komputer

Menggunakan PC untuk kebutuhan pribadi atau profesional Anda baik-baik saja, tetapi memelihara PC terkadang menjadi terlalu sibuk sehingga Anda bahkan lupa untuk melakukan beberapa tugas yang harus dilakukan untuk mencegah kesalahan PC . Ya, itu …

Tips Untuk Menghindari Masalah Pada PC Atau Komputer Terbaru

Menggunakan PC untuk kebutuhan pribadi atau profesional Anda baik-baik saja, tetapi memelihara PC terkadang menjadi terlalu sibuk sehingga Anda bahkan lupa untuk melakukan beberapa tugas yang harus dilakukan untuk mencegah kesalahan PC .

Ya, itu benar sekali. Dan di sini hari ini saya akan menyebutkan beberapa tugas “HARUS DILAKUKAN” sehingga Anda dapat menghindari segala jenis kesalahan PC yang umum .

PC membutuhkan pemeliharaan bahkan jika itu berfungsi untuk kita dan perintah atas instruksi yang diberikan oleh pengguna. Namun, terkadang pengguna membuat kesalahan saat merawat PC. Dan kesalahan juga dapat mengakibatkan pelanggaran keamanan, kerusakan perangkat keras, kehilangan data, dan ketidakstabilan sistem umum lainnya.

Tips Untuk Menghindari Masalah Pada PC Atau Komputer

Tips Efektif Untuk Menghindari Masalah Pada PC atau Komputer

Jika Anda ingin menyesatkan PC Anda dari segala jenis kesalahan komputer maka Anda harus mengikuti tip yang disebutkan ini. Kiat-kiat ini pasti akan membantu Anda mencegah kesalahan terkait PC. Jadi, jangan lewatkan tugas apa pun yang harus Anda lakukan untuk memelihara PC Anda.

  1. Bersihkan dan Defrag Hard Disk Anda

Sebagian besar kesalahan terkait ruang disk dan memori saat hard disk Anda berisi file yang tidak diinginkan dan program lain yang memecah file yang disimpan di disk, menyebabkan kerusakan fisik dan juga menurunkan kinerja PC.

Jadi, untuk mencegah masalah dan error karena hard disk rusak, Anda perlu membersihkan file yang tidak diinginkan di hard disk secara rutin. Selain itu, Anda dapat membersihkannya menggunakan Disk Cleanup yang merupakan alat bawaan di Windows XP dan Vista OS. Jika Anda menggunakan salah satu dari dua sistem operasi Windows ini, cobalah alat ini untuk menghapus file yang tidak diinginkan pada hard disk.

Menggunakan alat ini adalah solusi untuk menghapus file yang tidak diinginkan dari hard disk , menghapus program yang tidak diinginkan yang diinstal pada PC Anda, mengosongkan folder Recycle Bin, dan juga menghapus titik pemulihan sistem yang sudah usang.

Setelah membersihkan hard disk, Anda dapat mencoba Alat Defraggler Disk sehingga Anda dapat menggabungkan file yang terfragmentasi dan juga dapat mengoptimalkan hard disk untuk bekerja lebih baik.

Baca Juga: Cara Mengatasi Bug Komputer di Windows 7, 8, dan 10

  1. Jangan Biarkan Debu Menumpuk

Debu menumpuk di dalam casing sistem dari waktu ke waktu. Debu ini terkadang dapat mengurangi aliran udara, menyumbat kipas, serta meningkatkan suhu di dalam sistem. Jika ada debu dalam jumlah besar yang menumpuk maka hal itu dapat menyebabkan masalah pada pendinginan yang bahkan dapat menyebabkan kerusakan PC.

Misalkan, jika Anda memainkan game yang menuntut konfigurasi tinggi di PC yang sudah tersumbat debu maka itu bisa lebih panas dan tidak punya tempat tujuan. Ini dapat menyebabkan kerusakan hebat pada perangkat keras sistem.

Jadi, untuk menghindari masalah aliran udara sistem, Anda harus membuka casing sistem desktop sesekali dan memastikan bahwa Anda membersihkan debu menggunakan udara terkompresi. Namun, jika Anda menggunakan laptop maka Anda cukup menyemprotkan udara terkompresi ke ventilasi kipas laptop dan itu akan menghilangkan sebagian debu dari dalam.

Baca Juga: Tips Mengatasi Printer Yang Sering Bermasalah

  1. Terapkan Firewall

Firewall sebenarnya adalah pelindung atau pembatas sistem yang ditujukan untuk melindungi PC, ponsel atau tablet dari bahaya malware berbasis data yang umumnya ada di internet.

Jika sistem Anda terpapar ke internet secara teratur, maka selalu disarankan untuk menerapkan firewall. Ini karena untuk mencegah segala jenis peretas dan penyusup yang tidak sah mendapatkan akses ke sistem Anda dan menyebabkan kerusakan pada PC Anda.

  1. Jangan Jalankan Beberapa Program Antivirus

Pastikan Anda hanya menggunakan satu program antivirus pada sistem. Program antivirus menghubungkan jauh ke dalam sistem operasi atau memeriksa program sebelum dijalankan.

Jika Anda menjalankan dua program antivirus pada satu waktu, maka itu dapat mengganggu satu sama lain dan juga dapat menyebabkan sistem macet.

Program dapat mengidentifikasi satu sama lain sebagai malware hanya untuk mencegah satu sama lain bekerja. Jadi, untuk memastikan bahwa Anda memiliki satu program antivirus yang diinstal dan berjalan di latar belakang sistem. Atau, jika Anda memerlukan opini kedua, Anda dapat mencoba antivirus yang hanya melakukan pemindaian sistem dan tidak berjalan di latar belakang.

Itulah printer terbaik untuk desain grafis, kalian dapat memilih printer sesuka hati kalian. Semoga artikel kami dapat membantu kalian. Apabila terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Itulah tips untuk menghindari masalah pada pc atau komputer, dengan mengetahui tips di atas kami berharap kalian dapat menerapkannya pada komputer kalian.

Perlu diketahui tips untuk menghindari masalah pada pc atau komputer ini memang sedikit rumit, jadi kalian harus melakukan langkah demi langkah.

Apabila terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar