5 Tips Menghemat Tinta Printer Yang Perlu Kalian Ketahui

Keluhan terkait printer yang paling umum kami dapatkan adalah dari pembaca yang mengeluhkan mahalnya biaya tinta atau toner. Ya, tinta bisa mahal terutama untuk orang yang mencetak dalam jumlah banyak. Akan tetapi ada cara untuk …

Tips Menghemat Tinta Printer

Keluhan terkait printer yang paling umum kami dapatkan adalah dari pembaca yang mengeluhkan mahalnya biaya tinta atau toner. Ya, tinta bisa mahal terutama untuk orang yang mencetak dalam jumlah banyak.

Akan tetapi ada cara untuk mengurangi biaya pencetakan Anda dari waktu ke waktu. Di sini, kami akan memberikan 5 tips menghemat tinta printer.

Banyak printer memiliki harga stiker yang rendah, tetapi jika Anda memperhitungkan biaya tinta, Anda mungkin membayar lebih banyak untuk jangka panjang. Biaya tinta atau toner cenderung berbanding terbalik dengan harga printer.

Printer laser kelas atas sering kali memiliki biaya per halaman yang sangat rendah, sedangkan printer inkjet anggaran sering kali memiliki biaya tinta yang tinggi. Tetapi bahkan untuk printer dalam kisaran harga tertentu, mungkin terdapat variasi yang cukup besar dalam biaya pengoperasian.

Kartrid yang paling ekonomis juga memiliki kapasitas tertinggi dan termahal, jadi meskipun Anda harus menggantinya lebih jarang daripada kartrid berkapasitas rendah, Anda harus membayar lebih banyak di muka.

Misalnya, mengganti satu set kartrid toner laser warna dapat menghabiskan jutaan. Dan untuk printer inkjet, jika Anda tidak banyak mencetak, Anda mungkin lebih baik menggunakan kartrid berkapasitas lebih rendah.

5 Tips Menghemat Tinta Printer

Tips Menghemat Tinta Printer Yang Perlu Kalian Ketahui

  1. Hindari Mencetak Gambar

Gambar membutuhkan ruang yang besar di halaman dibandingkan dengan teks.

Sebuah halaman penuh hanya sama dengan 5% dari halaman yang tercakup dalam tinta menurut perkiraan hasil halaman standar yang diberikan oleh produsen tinta. Ini berarti masa pakai kartrid tinta Anda dapat berkurang drastis dalam hitungan halaman tergantung pada gambar.

Jika gambar benar-benar diperlukan untuk dicetak, pertimbangkan untuk memperkecil ukurannya untuk mengonsumsi lebih sedikit tinta. Jumlah tinta yang digunakan juga tergantung pada intensitas warna pada gambar.

Merah terang akan mengonsumsi lebih sedikit tinta daripada warna merah yang lebih gelap. Hal yang sama berlaku untuk grafik dengan bayangan, siluet, atau warna gelap dalam jumlah besar.

Gambar benar-benar dapat memberikan nilai tambah pada kartrid tinta hitam dan warna Anda.

Baca Juga: Tips Membeli Printer Baru

  1. Ubah Font Anda

Perubahan kecil seperti menyesuaikan font Anda dapat berdampak lama pada penurunan konsumsi tinta Anda.

Font Arial ini akan jauh lebih murah untuk dicetak daripada font lainnya yang sangat tebal.

Tinta printer sering kali terbuang percuma saat mengisi font format gelembung yang lebih besar ini. Meskipun mereka mungkin memiliki goresan dan penekanan yang lebih kuat daripada lainnya.

Menggunakan font tebal akan menguras kartrid tinta Anda lebih cepat dari yang dapat Anda bayangkan. Tidak semua font dibuat sama, dan bahkan font yang tampak menghemat ruang sebenarnya lebih buruk. Font default untuk banyak program, Times New Roman, dan font tersebut tidak menghabiskan banyak tinta.

  1. Gunakan Grayscale Untuk Mencetak Hitam

Jika tinta hitam Anda tinggal sedikit dan Anda memiliki kartrid tinta warna penuh di printer Anda, ini adalah cara terbaik untuk memanfaatkan sisa kartrid tinta hitam. Mungkin menggunakan skala abu-abu, dapat secara signifikan mengurangi konsumsi tinta hitam.

Apa itu Grayscale? Tanpa membahas secara spesifik ilmiah, skala abu-abu hanyalah metode pencetakan yang menggunakan kombinasi tinta hitam dan berwarna untuk meniru warna abu-abu.

Meskipun masih membutuhkan sedikit tinta hitam, sejumlah kecil cyan, magenta, dan kuning dikorbankan untuk mengimbangi tinta hitam yang hilang.

Meskipun membosankan untuk dilihat, ini memungkinkan Anda untuk mencetak foto dan grafik, seperti bagan dan grafik, tanpa kehilangan informasi penting.

Baca Juga: Tipe dan Jenis-Jenis Printer

  1. Biarkan Printer Anda Nyala

Dengan permintaan yang tinggi untuk printer yang menggunakan lebih sedikit tinta, salah satu rahasia tips menghemat tinta printer ini adalah dengan membiarkan printer menyala

Mungkin topik yang paling memecah belah dalam komunitas percetakan adalah apakah Anda harus membiarkan printer Anda menyala setiap saat. Meskipun ada keuntungan dan kerugian dari kedua argumen tersebut, membiarkan printer Anda menyala akan mengkonsumsi lebih sedikit tinta.

Mengapa demikian? Setiap kali Anda menyalakan printer Anda, itu akan melakukan siklus perawatan rutin. Tes pencegahan ini akan menembakkan tinta ke seluruh sistem, yang akan melonggarkan penggumpalan tinta dan membersihkan sistem internal.

Ini berguna untuk printer yang sudah lama tidak bekerja. Sisa dari tinta dapat mengeras seiring waktu dan menghalangi aliran umum, menurunkan kualitas hasil cetak Anda.

Meskipun demikian, jumlah tinta yang dikonsumsi untuk menjalankan pengujian ini bervariasi dari satu pencetak ke pencetak.

Kami tidak menyarankan atau menyetujui tindakan ini, karena dapat menimbulkan konsekuensi yang dapat merusak printhead secara serius.

  1. Mode Draf atau Mode Eco

Mode Draf adalah fitur yang digunakan pada komputer lama yang memungkinkan hasil cetak berkualitas lebih rendah yang menggunakan lebih sedikit tinta printer yang diperlukan. Ini sering digunakan sebagai “versi uji” sebelum mencetak salinan akhir. Ini dicapai dengan mengurangi saturasi dan resolusi dokumen.

Meskipun kualitasnya mungkin sedikit dikorbankan, itu akan tetap terbaca dan memenuhi tujuannya. Mode Draf akan mengurangi kualitas cetakan tetapi mengkonsumsi lebih sedikit tinta hitam.

Mode Eco (EconoMode untuk HP) kurang lebih pilihan yang sama persis, hanya diganti mereknya. Mode hemat tinta ini juga memiliki kelemahan karena teks terlihat lebih terang secara signifikan pada halaman.

Itulah 5 tips menghemat tinta printer. Semoga artikel kami dapat membantu kalian. Apabila terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar