Sejarah Singkat Tinta Cetak Yang Perlu Kalian Ketahui

Percetakan telah ada selama berabad-abad. Faktanya, bentuk pencetakan paling awal berasal dari setidaknya 200 Masehi. Sekarang, tentu saja, itu dilakukan secara berbeda dari cara kita mencetak hari ini. Tidak diragukan lagi bahwa banyak dari kita …

Sejarah Singkat Tinta Cetak

Percetakan telah ada selama berabad-abad. Faktanya, bentuk pencetakan paling awal berasal dari setidaknya 200 Masehi. Sekarang, tentu saja, itu dilakukan secara berbeda dari cara kita mencetak hari ini. Tidak diragukan lagi bahwa banyak dari kita mengandalkan printer di rumah dan bekerja untuk mencetak dokumen.

Tapi dari mana asalnya tintanya? Pastinya, nenek moyang kita tidak punya merek seperti HP dan Epson apalagi printer atau listrik.

Baca Juga: Tips Membeli Printer Baru

Perbedaan Budaya

Berabad-abad yang lalu, gagasan tentang pencetakan sangat bervariasi dari yang kita kenal sekarang. Umumnya, tindakan mencetak hanya berarti menuliskan sesuatu ke permukaan lain. Pikirkan kembali zaman Viking, ketika mereka mengukir rune menjadi kayu, batu, atau tulang.

Jika Anda tidak tahu apa yang sedang kita bicarakan, lihat Björketorp Runestone di Blekinge, Swedia yang berasal dari sekitar 600 Masehi.

Jelas, ide pencetakan kami telah bergeser secara dramatis. Johannes Gutenberg melakukan salah satu contoh pencetakan paling awal di atas kertas pada tahun 1440-an di Eropa. Sampai Gutenberg, kebanyakan orang hanya menggunakan tinta untuk seni.

Tinta hitam asli sering kali berasal dari hitam lampu. Namun, seiring dengan tumbuhnya kreativitas, semakin banyak individu yang ingin menggunakan warna (terutama untuk seni).

Banyak tinta berwarna berasal dari mineral hewani dan tumbuhan. Saat ini, banyak warna berasal dari berbagai pigmen, lem, dan minyak.

Baca Juga: Tips Menghemat Tinta Printer

Awal Pencetakan Inkjet

Teknologi printer inkjet dimulai pada tahun 1950 oleh Ichiro Endo, tetapi printer inkjet tidak tersedia sampai tahun 1970-an. Ada spekulasi mengenai perusahaan mana yang menjadi pelopor dalam teknologi inkjet.

Namun, jawaban pasti untuk siapa yang benar-benar membangun teknologi ini sulit untuk dikatakan. Endo bekerja dengan Canon selama 1950-an, jadi beberapa orang berpendapat Canon adalah perusahaan pendiri.

Namun, seiring dengan kemajuan teknologi selama bertahun-tahun, perusahaan seperti HP dan Epson juga memainkan peran penting dalam inovasi printer inkjet yang kita kenal sekarang. Kami suka mengatakan itu adalah upaya kelompok. Perusahaan pasti tidak merasa seperti itu. Sebagai gantinya, mereka memilih untuk bersaing dengan kartrid tinta.

Dengan sejarah singkat tinta cetak ini, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana kartrid tinta bermerek menjadi begitu mahal. Tidak diragukan lagi bahwa merek-merek ini adalah printer yang hebat.

Namun, mereka mencoba untuk membuktikan diri dan nilai mereka dengan memiliki kartrid tinta yang terlalu mahal.

Itulah sejarah singkat tinta cetak. Semoga artikel kami dapat membantu kalian.

Tinggalkan komentar