Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Printer Baru

7 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Printer Baru

Diposting pada

Apakah Anda mencari printer baru? Dengan begitu banyak model berbeda di luar sana, sulit untuk mengetahui mana yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Untuk memastikan Anda tidak menyesali pembelian Anda, berikut 7 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli printer baru.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Printer Baru

  1. Sesuaikan Dengan Budget

Biaya printer sangat bervariasi. Jelas, Anda tidak boleh menghabiskan lebih dari yang Anda mampu untuk perangkat baru Anda.

Namun, masalah penganggaran untuk printer berjalan lebih dalam daripada biaya dimuka. Anda juga perlu mempertimbangkan harga tinta pengganti saat ini.

Printer murah biasanya memiliki tinta yang mahal; itulah cara para produsen menghasilkan uang. Jadi pastikan harga kartrid pengganti sama dengan model lain dengan harga yang murah.

  1. Jenis Tinta

Ada tiga konfigurasi kartrid tinta yang umum. Dua kartrid tinta: Kartrid hitam dan kartrid warna all-in-one.

Empat kartrid tinta: Satu kartrid hitam, dan tiga kartrid terpisah untuk sian, magenta, dan kuning. Ini adalah model warna CMYK.

Wadah Tinta: Alih-alih menggunakan kartrid, printer mengambil tinta dari lubang besar yang dapat diisi ulang.

Dari ketiganya, wadah tinta adalah yang paling nyaman dan ekonomis dalam jangka panjang. Misalnya, Epson Expression ET-3700 EcoTank dapat mencetak 14.000 halaman hitam atau 11.200 halaman berwarna dalam sekali isi ulang. Itu cukup untuk penggunaan berat selama dua tahun.

Baca Juga : Printer Terbaik Untuk Bisnis Kecil

  1. Kualitas Cetak

Meskipun printer laser menawarkan kualitas terbaik, namun juga mahal untuk dibeli dan memiliki biaya pengoperasian yang lebih tinggi.

Jika Anda pengguna rumahan, inkjet sudah cukup. Tetapi kualitas hasil cetak sangat bervariasi di antara printer inkjet.

Beberapa hal mempengaruhi kualitas cetak, termasuk desain kepala cetak, driver printer, dan kualitas tinta. Namun, spesifikasi utama yang harus diperhatikan adalah DPI printer (titik per inci). Ini menunjukkan seberapa akurat printer dapat mereplikasi piksel dari gambar sumber.

Anda dapat menemukan printer inkjet dengan apa pun mulai dari 600 x 600 DPI hingga 4.800 x 4.800 DPI.

Baca Juga : Printer Laser Hitam Putih Terbaik

  1. Kecepatan Cetak

Jika Anda banyak melakukan pencetakan, terutama pencetakan dokumen dengan puluhan halaman, kecepatan mencetak akan menjadi faktor penting dalam keputusan pembelian Anda.

Kecepatan printer diukur dalam halaman per menit (PPM). Sebuah printer akan memiliki kecepatan PPM yang berbeda untuk halaman teks dan halaman gambar. Namun, saat Anda melihat kotak di toko, Anda akan sering hanya melihat satu peringkat PPM. Ini mengacu pada berapa banyak halaman teks hitam yang dapat dihasilkan printer dalam satu menit.

Sekali lagi, Anda akan menemukan variasi besar dalam skor PPM printer inkjet tingkat konsumen. Anda bisa menemukan apa saja mulai dari 5 PPM hingga 25 PPM.

Baca Juga : Printer Epson Terbaik

  1. Konektivitas

Hal utama lainnya yang harus Anda perhatikan saat membeli printer baru adalah konektivitasnya. Untuk membangun koneksi yang Anda butuhkan, tanyakan pada diri Anda dua pertanyaan:

Dari mana Anda akan mencetak? Dan dari perangkat mana Anda akan mencetak?

Semua printer di pasaran menawarkan konektivitas kabel. Mereka dapat terhubung ke komputer Anda melalui port USB.

Namun, beberapa model juga menawarkan konektivitas Wi-Fi dan konektivitas Bluetooth. Selain itu, Anda juga akan menemukan mesin yang mendukung Google Cloud Print dan Apple AirPrint.

Bluetooth sangat bagus untuk mencetak dari perangkat seluler lokal, sementara Wi-Fi dan dukungan cloud memungkinkan Anda mencetak dokumen dari jarak jauh saat Anda jauh dari rumah.

Baca Juga : Printer Untuk Desai Grafis

  1. Fitur Tambahan

Printer melakukan lebih dari sekadar mencetak. Perangkat All-in-One juga dapat menyalin, memindai, dan bahkan mengirim faks.

Anda dapat mengharapkan untuk membayar sedikit lebih banyak untuk printer All-in-One, tetapi bagi banyak orang, kemampuan tambahan tersebut sebanding dengan biaya tambahannya.

Selain itu, perhatikan juga fitur tambahan khusus pabrikan seperti mode pencetakan foto khusus dan aplikasi web.

Catatan: Anda tidak perlu menggunakan printer untuk mengirim faks. Anda juga dapat mengirim faks di Android dan mengirim faks dari komputer Anda .

  1. Format Kertas

Tidak semua printer dapat menerima kertas berukuran legal. Demikian pula, tempat tidur pemindai pada banyak printer all-in-one terlalu kecil untuk dokumen legal.

Beberapa mesin all-in-one kelas atas memiliki baki pengisian pemindai terpisah di bagian atas. Anda dapat menggunakannya untuk memindai dokumen yang lebih besar atau menumpuk banyak kertas dan memindai semuanya menjadi satu file PDF.

Itu 7 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli printer baru, semoga artikel kami dapat membantu kalian. Apabila terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *