Cara Mengganti Nama Printer Di Windows 10

Pernahkah kalian bertanya-tanya bagaimana cara mengganti nama tampilan printer kalian di Windows 10? Tidak heran lagi! Panduan ini dibuat untuk menjawab pertanyaan ini.  Kapan pun printer baru (atau perangkat apa pun) diinstal pada Windows 10, …

Cara Mengganti Nama Printer Di Windows 10

Pernahkah kalian bertanya-tanya bagaimana cara mengganti nama tampilan printer kalian di Windows 10? Tidak heran lagi! Panduan ini dibuat untuk menjawab pertanyaan ini. 

Kapan pun printer baru (atau perangkat apa pun) diinstal pada Windows 10, namanya dibuat secara otomatis. Printer baru biasanya diberi nama berdasarkan seri, nomor model, dan pabrikannya.

Untuk sebagian besar tujuan, nama ini akan berfungsi dengan baik. Namun, kalian mungkin ingin mengganti nama printer kalian sehingga orang lain yang menemukannya di jaringan akan mengetahui pemiliknya.

Apa pun alasannya, panduan ini berisi semua informasi yang kalian butuhkan untuk mengganti nama printer kalian tanpa stres.

Apakah Bisa Semua Orang Mengganti Nama Printer di Windows 10?

kalian dapat mengganti nama printer Kalian (dan pemindai, dan sebagian besar perangkat yang dapat dicolokkan / dihubungkan, sungguh) apa pun yang kalian inginkan.

Dan tidak, kalian tidak perlu melewati rintangan atau melakukan perjalanan berbahaya ke registri Windows untuk melakukannya.

kalian dapat mengubah nama pencetak kalian dengan mudah. Nyatanya, kalian dapat melakukannya dengan lebih dari satu cara.

Ada empat cara untuk mengubah nama pencetak kalian di Windows 10. kalian dapat melakukannya melalui:

  • Pengaturan,
  • Panel kendali,
  • Windows PowerShell, atau
  • Prompt Perintah.

Seperti yang kalian lihat, kalian memiliki beberapa pilihan untuk mencapai keinginan ini. Bagian selanjutnya menjelaskan cara mengganti nama printer kalian menggunakan salah satu dari empat metode yang tercantum di sini.

Cara Mengganti Nama Printer kalian di Windows 10

Kami memulai bagian ini dengan panduan sederhana untuk memberi nama baru pada printer kalian menggunakan aplikasi Pengaturan.

kalian akan menemukan cara lain untuk melakukan hal yang sama saat kalian menelusuri panduan ini.

Ubah Nama Pencetak kalian Melalui Aplikasi Pengaturan

Aplikasi Pengaturan di Windows 10 adalah Control Panel baru untuk zaman modern. Tentu saja, Control Panel lama masih, tetapi aplikasi Pengaturan adalah tempat untuk melakukan modifikasi cepat, dan antarmukanya jauh lebih lancar dan menarik secara grafis daripada Control Panel normal.

kalian dapat melakukan banyak penyesuaian sistem langsung dari aplikasi Pengaturan. Salah satunya adalah mengubah nama printer kalian.

Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini dan kalian akan segera pulang dan disemprot:

  1. Tahan tombol Windows dan tekan X untuk membuka menu Power User.
  2. Pilih Pengaturan.
  3. Di jendela Pengaturan, pilih Perangkat.
  4. Di panel kiri layar Perangkat, pilih ” Printers & scanners“.
  5. Di panel kanan, semua printer dan pemindai yang tersedia akan ditampilkan. Cukup pilih salah satu yang ingin kalian ganti namanya dan klik tombol Kelola.
  6. Pada layar “Manage your device”, klik tautan “Printer properties”. Ini membuka dialog Properties dari printer yang dipilih.
  7. Cukup ketikkan nama apa pun yang kalian inginkan ke dalam bidang nama (pastikan kalian tetap di tab Umum) dan klik Terapkan setelah selesai.
  8. Klik OK untuk menyimpan perubahan.

Itu dia. kalian telah mengubah nama pencetak kalian menggunakan aplikasi Pengaturan di Windows 10.

Cara Ubah Nama Printer kalian Melalui Control Panel

Control Panel mungkin telah digantikan oleh aplikasi Pengaturan dalam hal kemudahan penggunaan, tetapi masih banyak digunakan. Banyak opsi yang tidak dapat ditemukan di Pengaturan tetap ada di Control Panel. Itu tidak akan hilang dalam waktu dekat.

kalian dapat mengubah nama pencetak kalian melalui Control Panel dengan mudah. Ikuti saja petunjuk di bawah ini:

  1. Tekan tombol Windows dan ketik “control”. Tekan Enter untuk membuka aplikasi Control Panel.
  2. Mode “View by” harus disetel ke ikon kecil atau ikon besar.
  3. Pilih Perangkat dan Pencetak.
  4. Semua printer yang kalian instal akan ditampilkan di bagian Printer.
  5. Klik kanan printer yang ingin kalian ubah namanya dan pilih ” Printer properties”.
  6. Hapus nama di kolom nama pada jendela Properties printer dan masukkan nama yang kalian inginkan. Setelah selesai, klik Apply.
  7. Klik OK untuk menyimpan perubahan kalian dan keluar dari Control Panel.

Hanya itu yang ada untuk itu. Printer kalian sekarang akan dengan bangga menggunakan nama barunya!

Baca Juga:

Cara Ubah Nama Printer kalian dengan Windows PowerShell

Windows PowerShell mirip dengan Command Prompt. Meskipun kurang familiar dari yang terakhir, ini dapat menjalankan hampir semua perintah yang dapat dijalankan oleh Command Prompt.

Namun, bahasa perintah yang digunakan di PowerShell agak berbeda dengan yang ada di Command Prompt. kalian dapat menggunakan bahasa yang sama untuk beberapa, tetapi tidak semua, perintah Windows di PowerShell dan CMD.

Untuk mengubah nama pencetak kalian melalui PowerShell, kalian harus membuka jendela PowerShell yang ditinggikan terlebih dahulu. Ada beberapa cara untuk melakukannya.

  1. Klik kanan menu Start dan pilih Windows PowerShell (Admin) dari menu Power User. Namun, tergantung pada build Windows 10 kalian, opsi ini mungkin tidak tersedia secara default.
  2. Tekan tombol Windows dan ketik “Power Shell”. Saat aplikasi muncul, klik “Jalankan sebagai administrator”. kalian juga dapat mengklik kanan aplikasi dan memilih “Run as administrator“.

Setelah kalian membuka jendela PowerShell yang ditinggikan, jalankan perintah berikut untuk mengambil daftar printer yang diinstal:

Get-printer | Format-List name

Ini akan menampilkan nama semua pencetak kalian. kalian harus dengan mudah mengenali orang yang ingin kalian ganti namanya. Catat namanya atau salin di suatu tempat.

Perintah selanjutnya akan mengganti nama printer sesuka kalian. Pastikan untuk mengikuti format perintah, karena sedikit penyimpangan akan membuat operasi tidak berhasil. Inilah perintah yang harus kalian jalankan:

Rename-printer -NewName “New Name of Printer” -Name “Current or Old Name of Printer”

Misalnya, jika nama printer kalian saat ini adalah Printer 23 dan kalian ingin mengganti namanya menjadi Printer Saya, perintahnya akan terlihat seperti ini:

Rename-printer -NewName “My Printer” -Name “Printer 23”

Setelah kalian menjalankan perintah, nama pencetak akan segera berubah.

Cara Ubah Nama Printer kalian dengan Command Prompt

kalian dapat menggunakan antarmuka Command Prompt yang populer untuk mengganti nama printer kalian di Windows 10. Langkah-langkah yang diperlukan di sini mirip dengan PowerShell, hanya perintahnya yang berbeda.

Seperti dengan PowerShell, kalian perlu membuka versi Command Prompt yang ditinggikan untuk mengganti nama printer kalian. Dengan kata lain, kalian harus menjalankan Command Prompt sebagai administrator.

Ada beberapa langkah untuk mengganti nama printer windows 10 dengan Command Prompt:

  1. Klik kanan menu Start dan pilih Command Prompt (Admin) dari menu Power User. Namun, tergantung pada build Windows 10 kalian, opsi ini mungkin tidak tersedia secara default.
  2. Tekan tombol Windows dan ketik “cmd”. Saat aplikasi Command Prompt muncul, klik “Run as administrator”. kalian juga dapat mengklik kanan aplikasi dan memilih “Runs As Administrator”.
  3. Buka Task Manager dengan Ctrl + Shift + Esc dan pilih “Run new task” dari tab File saat Task Manager terbuka. Ketik “cmd” ke dalam kotak tugas baru dan centang kotak “Create this task with administrative privileges” sebelum menekan Enter.
  4. Tekan tombol Windows dan ketik “cmd”. Saat aplikasi muncul, tahan tombol Ctrl dan Shift dan tekan tombol Enter.

Sekarang kalian telah membuka Command Prompt yang ditinggikan, jalankan perintah berikut untuk melihat nama semua printer yang tersedia:

wmic printer list brief

kalian harus dengan mudah mengenali printer yang ingin kalian ganti namanya. Catat namanya atau cukup lihat di jendela cmd saat kalian perlu mengetiknya nanti.

Perintah selanjutnya akan mengganti nama printer sesuka kalian. Pastikan untuk mengikuti format perintah, karena sedikit penyimpangan akan membuat operasi tidak berhasil. Berikut adalah perintah yang harus kalian jalankan:

Cscript C:\Windows\System32\Printing_Admin_Scripts\en-US\prncnfg.vbs -z “New Name of Printer” -x -p “Current Name of Printer”

Misalnya, jika nama printer kalian saat ini adalah Printer 23 dan kalian ingin mengganti namanya menjadi Printer Saya, perintahnya akan terlihat seperti ini:

Cscript C:\Windows\System32\Printing_Admin_Scripts\en-US\prncnfg.vbs -z “My Printer” -x -p “Printer 23”

Semudah itu. kalian telah berhasil mengubah nama printer kalian menggunakan Command Prompt.

Saat kalian menamai dan mengganti nama printer dan perangkat lain sesuai keinginan kalian, jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan PC kalian. Penggunaan yang konstan dapat merusak mesin.

Itulah ulasan mengenai cara mengganti nama printer di windows 10 yang bisa kalian coba. Terdapat beberapa cara yang bisa kalian gunakan.

Tinggalkan komentar