Cara Mengatur Setting Default Printer Windows 10

Jika Kalian menggunakan lebih dari satu printer, Windows 10 secara otomatis menetapkan printer yang terakhir Kalian gunakan sebagai printer default. Namun, situasi mungkin muncul di mana Kalian ingin mengubah printer default. Ada beberapa cara berbeda …

Cara Mengatur Setting Default Printer Windows 10

Jika Kalian menggunakan lebih dari satu printer, Windows 10 secara otomatis menetapkan printer yang terakhir Kalian gunakan sebagai printer default. Namun, situasi mungkin muncul di mana Kalian ingin mengubah printer default. Ada beberapa cara berbeda yang dapat Kalian gunakan untuk mengatur setting default printer di windows 10.

Tapi itu belum semuanya. Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa setelah menyetel printer default, Windows terus mengubahnya.

Jika Kalian mengalami masalah ini, teruslah membaca karena kami telah mengumpulkan beberapa tutorial mudah untuk membantu Kalian memperbaikinya.

Cara Mengatur Printer sebagai Printer Default di Windows 10

Berikut adalah beberapa untuk cara mengatur setting default printer windows 10 yang bisa kalian coba,

  1. Menggunakan aplikasi Pengaturan
  2. Menggunakan dialog Print
  3. Menggunakan Control Panel
  4. Menggunakan Command Prompt

Ubah Printer Default di Aplikasi Pengaturan

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyetel printer default Kalian:

  1. Tekan kombinasi ikon Windows + I keyboard untuk menjalankan Pengaturan. Kalian juga bisa membuka menu Start dan mengklik ikon Settings.
  2. Klik Perangkat.
  3. Klik pada Printers and Scanners di panel kiri.
  4. Di panel kanan, klik tombol untuk menonaktifkan opsi “Biarkan Windows mengelola printer default saya”. Setelah Anda melakukannya, Windows tidak akan lagi menyetel printer sebagai printer default secara otomatis. Langkah ini diperlukan sebelum Anda bisa mengubah printer asali Anda.
  5. Setelah itu, pindah ke bagian Printer & pemindai dan klik printer yang ingin Anda tetapkan sebagai default. Setelah Anda melakukannya, Anda akan disajikan dengan opsinya. Klik tombol Kelola.
  6. Pada halaman baru yang terbuka, Anda akan menemukan tombol “Set as default”. Klik di atasnya.

Catatan: Jika tombol “Set as default” tidak tersedia, artinya Anda tidak mengikuti Langkah 4. Anda harus menghentikan Windows 10 memilih printer default secara otomatis.

Setelah Kalian menyelesaikan langkah-langkah di atas, printer yang diinginkan sekarang akan muncul sebagai perangkat yang dipilih saat Kalian mencoba mencetak dokumen. Statusnya akan menunjukkan “Default” dalam daftar printer.

Ubah Printer Default melalui Control Panel

Opsi Device & Printer juga dapat ditemukan di Control Panel cara ini bisa digunakan untuk mengatur setting default printer windows 10.

  1. Buka kotak Run dengan menekan ikon Windows + shortcut R.
  2. Ketik “Control Panel” ke dalam area teks dan klik OK atau tekan Enter pada keyboard Kalian.

Sebagai alternatif, Kalian dapat mengetik “Control Panel” ke dalam bilah pencarian menu Start dan mengklik opsi yang muncul di hasil pencarian.

  1. Arahkan perhatian Kalian ke drop-down “View: by” di pojok kanan atas jendela Control Panel dan pastikan diatur ke “Small icons.”
  2. Temukan “Devices and Printer” dalam daftar opsi dan klik di atasnya.
  3. Pindah ke bagian Printer di halaman baru yang terbuka dan klik kanan pada printer pilihan Kalian. Kemudian klik “Set as default printer” di menu kontekstual.

Ubah Printer Default melalui Print Dialog

  1. Inilah yang harus Kalian lakukan:
  2. Buka Notepad dan klik pada tab File.

Klik Cetak untuk mengakses dialog Cetak.

Catatan: Kalian cukup menekan Ctrl + P untuk membuka dialog Print dengan cepat setelah meluncurkan Notepad.

  1. Klik kanan pada printer yang ingin Kalian jadikan printer default dan kemudian klik opsi “Set as Default Printer” di menu kontekstual.
  2. Kalian akan diberikan peringatan yang mengatakan bahwa Windows akan berhenti mengelola printer default Kalian jika Kalian menyetel printer ini sebagai default. Klik tombol OK untuk melanjutkan. Printer yang Kalian pilih sekarang akan menjadi printer default.

“Bagaimana Saya Mengubah Printer Default di CMD?”

Ini mudah untuk dilakukan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka menu Power User dengan menekan tombol ikon Windows + kombinasi keyboard X.
  2. Klik pada Command Prompt (Admin).
  3. Konfirmasikan tindakan dengan mengklik “Yes” ketika kotak User Account Control (UAC) muncul di layar Kalian.
  4. Setelah Kalian berada di jendela Command Prompt (Admin), salin dan tempel baris berikut lalu tekan enter untuk menjalankannya:

RUNDLL32 PRINTUI.DLL,PrintUIEntry /y /n “Printer name”

Catatan: Pastikan Kalian mengganti “Printer Name” pada perintah di atas dengan nama printer yang ingin Kalian tetapkan sebagai printer default Kalian.

Jika Kalian tidak tahu nama printernya, buka Notepad atau Microsoft Word dan tekan Ctrl + P untuk menjalankan dialog Print. Di sana, Kalian akan menemukan nama printer Kalian.

Bagaimana Mengalihkan Printer Default Kalian Secara Otomatis Berdasarkan Lokasi Kalian

Seperti yang telah disebutkan, Kalian dapat mengonfigurasi Windows 10 untuk mengelola printer default Kalian secara otomatis.

Keuntungannya adalah OS memilih printer default berdasarkan lokasi Kalian. Jadi, ketika Kalian berada di kantor, printer kantor digunakan sebagai printer default, dan ketika Kalian pulang, printer rumah Kalian digunakan.

Untuk mengaktifkan pengaturan ini, yang harus Kalian lakukan adalah pergi ke aplikasi Pengaturan (tekan ikon Windows + i) dan Devices > Printers & Scanners. Kemudian aktifkan opsi yang mengatakan “Let Windows manage my default printer “

Setelah Kalian mengizinkan Windows untuk mengelola printer default Kalian, OS akan selalu menetapkan printer yang terakhir digunakan di lokasi tertentu sebagai printer default Kalian.

Jadi ketika Kalian berada di rumah, printer terakhir yang Kalian gunakan di rumah akan diset sebagai printer default.

Dan saat Kalian berada di kantor, printer yang terakhir Kalian gunakan akan menjadi printer default Kalian.

“Mengapa Printer Default Saya Terus Berubah di Windows 10?”

Jika Windows terus mengubah printer default Kalian, ada dua alasan mengapa itu bisa terjadi:

  • Alasan pertama adalah Kalian telah mengaktifkan opsi yang memungkinkannya mengelola printer Kalian secara otomatis. Jadi ketika Kalian menggunakan printer lain yang bukan printer default saat ini, Windows berasumsi bahwa Kalian sekarang lebih memilih printer itu dan, oleh karena itu, menjadikannya printer default.
  • Terjadi kesalahan yang tidak terduga, memaksa OS untuk default ke printer lain. Kesalahan tersebut termasuk perangkat lunak printer yang kedaluwarsa atau rusak, entri registri yang rusak, bug sistem, kabel printer yang rusak, dll.

Apa pun masalahnya, ada beberapa solusi yang dapat Kalian gunakan untuk menyelesaikan masalah dan mencegah Windows mengubah printer default Kalian.

“Bagaimana Saya Secara Permanen Menyetel Printer Default di Windows 10?”

  1. Matikan “Let Windows Manage My Default Printer “ dan tetapkan printer default
  2. Periksa status printer
  3. Instal ulang driver printer
  4. Ubah setelan printer Kalian di Registry Editor
  5. Hapus koneksi printer lama
  • Hapus entri lama dari Windows Registry
  • Hapus printer yang tidak diinginkan melalui Device Manager
  • Hapus printer yang tidak diinginkan melalui aplikasi Pengaturan Windows
  1. Instal pembaruan Windows terbaru
  2. Buat akun pengguna baru
  3. Jalankan pemulihan sistem

Terapkan perbaikan ini dalam urutan yang disajikan untuk mengatasi masalah secepat mungkin. Windows tidak akan lagi mengubah printer default Kalian pada saat Kalian mencoba salah satu atau beberapa solusi. Kami sekarang akan menyajikan semua prosedur yang diperlukan.

Matikan “Let Windows Manage My Default Printer” dan Setel Printer Default Sendiri

Saat Kalian menggunakan printer lain, Windows secara otomatis menjadikannya perangkat default. Menonaktifkan pengaturan manajemen printer otomatis akan menghentikan OS membuat perubahan ini.

Setelah itu, Kalian dapat memilih printer yang Kalian inginkan sebagai default. Ikuti cara ini untuk mengatur setting default printer windows 10

  1. Panggil aplikasi Pengaturan dengan menekan kombinasi keyboard Windows + i.
  2. Klik Devices di halaman setting.
  3. Klik pada Printers & Scanners di panel kiri.
  4. Di panel kanan, klik toggle untuk opsi “Let Windows manage my default printer” untuk mematikannya
  5. Sekarang, gulir ke bagian di mana printer Kalian yang terhubung ditampilkan dan klik pada printer yang Kalian inginkan sebagai default. Kemudian klik tombol Manage yang ditampilkan di bawahnya. Kemudian Klik tombol “Set as default”.

Cara Mengatur Setting Default Printer Windows 10

Setelah itu, Windows tidak lagi memilih printer lain sebagai printer default. Namun, jika perubahan terjadi lagi, coba perbaikan yang mengikuti di bawah ini.

Periksa Status Printer

Windows akan menggunakan printer lain secara default jika mendeteksi masalah dengan printer pilihan Kalian. Kalian perlu memeriksa status printer dan melihat apakah printer dihidupkan dan online:

  1. Buka Devices and Printer dengan cepat dengan mengetikkan nama di bilah pencarian menu Mulai.
  2. Temukan printer Kalian di daftar printer. Klik kanan padanya dan pilih “Set as Default.” Setelah Kalian selesai melakukannya, printer akan memiliki kalian tanda centang hijau. Sekarang klik pada printer untuk memilihnya dan melihat statusnya. Seharusnya tertulis “Ready
  3. Jika printer berwarna abu-abu saat Kalian masuk ke Langkah 2, artinya printer sedang offline. Pastikan itu dihidupkan dan terhubung.

Jika ini adalah printer nirkabel, pastikan sudah terhubung ke jaringan nirkabel Kalian. Jika ini adalah printer yang dihubungkan melalui port USB, jalankan perangkat lunak penyiapan dan tambahkan kembali printer tersebut. Menjalankan perangkat lunak juga akan memperbaiki masalah terkait driver.

Juga, periksa kabel USB dan kabel daya dan pastikan bahwa mereka tidak terlepas atau rusak.

Jika ada masalah dengan kabel ini, printer akan terlihat bermasalah dan Windows secara otomatis akan default ke printer lain yang berfungsi dengan baik.

Instal ulang Driver Printer

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Windows dapat mengubah printer default Kalian karena mendeteksi masalah.

Karenanya, pastikan perangkat lunak untuk semua printer Kalian sudah yang terbaru dan kompatibel. Mulailah dengan menghapus pengkalianr dan kemudian menginstal versi yang diperbarui. Ikuti langkah ini:

  1. Panggil menu Power User dengan menekan pintasan Windows + X.
  2. Klik pada Device Manager di menu
  3. Setelah Kalian berada di jendela Device Manager, cari perangkat printer Kalian dan klik kanan di atasnya Kemudian klik Uninstall Device dari menu kontekstual
  4. Konfirmasikan tindakan dengan mengklik “Delete the driver software for this device” dan kemudian klik Hapus instalan
  5. Mulai ulang PC Kalian dan kunjungi situs web produsen printer Kalian. Cari driver terbaru untuk model printer Kalian dan unduh serta instal

Alat ini akan mencari di internet untuk driver resmi terbaru yang disediakan oleh produsen printer Kalian. Itu kemudian mengunduh dan menginstal driver tanpa upaya apa pun dari Kalian.

Ubah Pengaturan Printer Kalian di Registry Editor

Baca Juga:

Jika printer default Kalian terus berubah, Kalian dapat membuat modifikasi registri untuk mengatasinya. Begini caranya:

  1. Munculkan aksesori Run dengan menekan pintasan Windows + R.
  2. Ketik “Regedit” ke dalam bidang teks dan klik tombol OK.
  3. Klik tombol Yes pada User Account Control prompt.
  4. Setelah Kalian berada di jendela Registry Editor, buat cadangan terlebih dahulu dengan mengklik “Komputer” di panel kiri. Kemudian klik pada tab File dan klik Export. Masukkan nama untuk file cadangan, pilih lokasi penyimpanannya, dan klik tombol Simpan.
  5. Di panel kiri, klik dua kali pada HKEY_CURRENT_USER untuk memperluas opsi dan kemudian arahkan ke SOFTWARE > Microsoft > Windows NT > CurrentVersion > Windows.
  6. Setelah Kalian masuk ke Windows, klik dua kali pada LegacyDefaultPrinterMode di panel kiri dan atur Value Data ke 1.

Setelah itu, atur kembali printer default Kalian.

Hapus Koneksi Printer Lama

Jika ada printer yang tidak Kalian perlukan atau gunakan lagi, menghapusnya dari Windows dapat membantu menyelesaikan perubahan printer default.

Hapus Entri Printer yang Tidak Diinginkan dari Windows Registry

Entri printer yang tidak lagi Kalian gunakan mungkin tetap ada di registri Kalian. Entri ini dapat berdampak negatif pada Windows. Dianjurkan untuk menghapusnya. Begini caranya:

  1. Panggil dialog Run dengan menekan kombinasi keyboard Windows + R.
  2. Ketik “regedit” ke dalam bidang teks dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  3. Klik tombol Yes pada User Account Control prompt.
  4. Buat cadangan registry Kalian dengan mengklik “Computer” di panel kiri, lalu klik tab “File“. Masukkan nama untuk file cadangan dan simpan di lokasi yang aman.
  5. Klik dua kali pada HKEY_USERS di panel kiri jendela Registry Editor dan kemudian arahkan ke USERS_SID_HERE> Printers> Connections.

Catatan: Klik User SID Kalian sendiri untuk menemukan folder Printers. SID biasanya yang terpanjang.

Klik kanan pada koneksi printer lama Kalian dan pilih Hapus.

Setelah itu, navigasikan ke tombol HKEY_USERS > USERS_SID_HERE > Printers > Settings dan hapus pengaturan printer yang tidak diinginkan.

Setel printer default Kalian lagi setelah Kalian menghapus entri printer lama dari registri Kalian.

Hapus Printer yang Tidak Diinginkan melalui Pengaturan Windows

Ikuti langkah-langkah mudah berikut:

  1. Buka Pengaturan dengan menekan kombinasi keyboard Windows + i
  2. Klik “Devices” dan kemudian klik “Printers & Scanners” di panel kiri
  3. Gulir ke bagian di panel kanan tempat printer Kalian terdaftar. Pilih printer yang tidak lagi Kalian perlukan dengan mengkliknya
  4. Klik tombol “Remove Device” dan kemudian klik “Yes” untuk mengonfirmasi tindakan.

Hapus Printer yang Tidak Diinginkan melalui Pengelola Perangkat

Kalian juga dapat menghapus driver printer yang tidak diinginkan melalui Device Manager:

  1. Buka menu Power User dengan menekan kombinasi keyboard Windows + X.
  2. Klik pada Device Manager dalam daftar.
  3. Temukan perangkat yang tidak diinginkan dan klik kanan di atasnya. Kemudian pilih Uninstall Driver Software.

Instal Pembaruan Windows Terbaru

Bug sistem dapat menyebabkan printer default Kalian terus berubah bahkan setelah Kalian membuat semua konfigurasi yang diperlukan.

Untungnya, Microsoft secara berkala merilis pembaruan yang berisi tambalan untuk berbagai bug, driver terbaru untuk perangkat keras Kalian, dan banyak lagi.

Menginstal pembaruan ini tidak hanya membantu menyelesaikan masalah yang Kalian alami dengan printer, tetapi juga masalah lain yang belum Kalian kenali di komputer.

Windows 10 dikonfigurasi secara default untuk mengunduh dan menginstal pembaruan baru secara otomatis. Namun, Kalian tetap dapat memeriksa pembaruan kapan pun Kalian mau dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Pengaturan, buka menu Start atau tekan pintasan Windows + i
  2. Klik Update and Security
  3. Klik Windows Update di panel kiri dan kemudian klik tombol Check for Update di panel kanan untuk memulai proses. Jika ada pembaruan yang ditemukan, Windows akan mengunduhnya.
  4. Untuk menyelesaikan penginstalan, mulai ulang komputer Kalian saat diminta.

Buat Akun Pengguna Baru

Jika Kalian masih tidak dapat mengatasi masalah tersebut, meskipun itu sangat tidak mungkin pada saat ini, solusi lain yang dapat membantu adalah membuat akun pengguna baru. Begini caranya:

  1. Buka Pengaturan Windows dengan menekan ikon Windows +  i dan klik Account.
  2. Klik pada bagian Family & Other People
  3. Klik “Add someone else to this PC
  4. Masukkan detail akun Microsoft kedua Kalian, atau Kalian dapat menunjukkan bahwa Kalian tidak memiliki informasi masuk orang ini dengan mengklik tautan terkait
  5. Klik “Add a user without a Microsoft account
  6. Ikuti instruksi seperti yang disajikan untuk menyelesaikan proses.

Setelah selesai, masuk ke akun baru yang Kalian buat dan lihat apakah masalah printer akan berlanjut.

Kalian dapat memigrasi file Kalian ke akun dan menggunakannya sebagai pengganti akun lama Kalian.

Jalankan System Restore

Masalah”Printer default terus berubah dapat disebabkan oleh pembaruan atau modifikasi terkini yang Kalian buat pada komputer Kalian.

Solusi yang baik untuk itu adalah dengan melakukan pemulihan sistem ke titik terakhir ketika semuanya bekerja secara normal:

  1. Buka menu Start dan ketik “System Restore” ke dalam bilah pencarian. Kemudian klik opsi dari hasil pencarian
  2. Klik tombol System Restore dan kemudian klik Next saat halaman System Restore terbuka
  3. Pilih More untuk menampilkan lebih banyak titik restore jika tersedia. Kemudian pilih titik restore dengan tanggal ketika Kalian yakin Windows tidak memiliki masalah dengan printer Kalian
  4. Klik “Next” dan ikuti instruksi yang diberikan kepada Kalian untuk menyelesaikan proses pemulihan.
  5. Restart komputer Kalian sesudahnya dan kemudian lihat apakah masalah “printer default terus berubah” telah diselesaikan.

Catatan: Perlu diingat bahwa melakukan pemulihan sistem akan menghapus program yang Kalian instal dan membatalkan pengaturan sistem yang Kalian ubah setelah tanggal titik pemulihan yang Kalian pilih.

Kesimpulan

Sekarang Kalian tahu cara menyetel printer default jika Kalian memiliki banyak printer. Kalian dapat mengizinkan Windows 10 untuk mengelola printer Kalian secara otomatis.

OS akan selalu mengatur printer yang terakhir digunakan sebagai printer default. Windows juga mengelola printer default Kalian berdasarkan lokasi Kalian.

Artinya, jika Kalian memiliki lebih dari satu printer di rumah, printer yang Kalian gunakan baru-baru ini akan disetel sebagai printer default.

Begitu juga saat Kalian pergi ke tempat kerja Kalian, printer terakhir yang Kalian gunakan juga akan diset sebagai printer default.

Kami juga membahas cara memperbaiki masalah yang menyebabkan printer pilihan Kalian tidak tetap menjadi printer default.

Karena Windows 10 dapat mengelola printer default Kalian secara otomatis, masalah dapat muncul dan menyebabkan printer favorit Kalian berhenti menjadi printer default.

Namun, Kalian dapat memperbaikinya dengan menerapkan solusi bermanfaat yang kami sajikan di atas.

Kami harap artikel yang kami berikan mengenai cara mengatur setting default printer windows 10 bermanfaat bagi Kalian. Jika Kalian memiliki pertanyaan atau komentar, silakan bagikan dengan kami melalui bagian komentar di bawah. Kami akan senang mendengar pendapat Kalian.

Tinggalkan komentar