Cara Mengatasi Printer Mencetak Halaman Kosong

Printer Anda terus mencetak halaman kosong? Ini sangat menjengkelkan dan Anda tentu bukan satu-satunya yang menghadapi masalah ini! Banyak pengguna Windows melaporkannya. Tetapi kabar baiknya adalah Anda bisa memperbaikinya. Artikel ini memberi Anda 4 solusi …

Cara Mengatasi Printer Mencetak Halaman Kosong

Printer Anda terus mencetak halaman kosong? Ini sangat menjengkelkan dan Anda tentu bukan satu-satunya yang menghadapi masalah ini! Banyak pengguna Windows melaporkannya. Tetapi kabar baiknya adalah Anda bisa memperbaikinya. Artikel ini memberi Anda 4 solusi untuk cara mengatasi printer mencetak halaman kosong.

Cara Mengatasi Printer Mencetak Halaman Kosong

  1. Mulai Ulang Printer Anda

Mulai ulang menghapus kode apa pun yang macet dalam keadaan tidak berfungsi. Jadi jika Anda belum melakukannya, coba perbaikan mudah ini terlebih dahulu untuk melihat apakah itu menyelesaikan masalah:

  1. Tekan tombol daya pada printer Anda untuk mematikannya.
  2. Cabut kabel power printer dan tunggu selama 3 menit .
  3. Colokkan kembali kabel daya ke stopkontak.
  4. Hidupkan ulang printer Anda dan coba cetak halaman.

Jika hasil cetak masih tidak ada tinta, coba perbaikan berikutnya.

Proses berikut mungkin berbeda-beda tergantung pada jenis printer yang berbeda. Jika Anda tidak tahu bagaimana melakukannya, konsultasikan manual printer Anda untuk instruksi.

  1. Periksa Kartrid Tinta Anda

Sebagian besar masalah printer terjadi jika kartrid yang dipasang tidak berfungsi dengan benar. Untuk mengetahui apakah itu masalahnya bagi Anda, ikuti petunjuk di bawah ini:

Pastikan Kartrid Tinta Tidak Kosong

Printer Anda mungkin tidak dapat menghasilkan cetakan saat level tinta terlalu rendah. Jadi, Anda perlu memeriksa level tinta / toner untuk memastikan tersedia cukup tinta untuk berfungsi. Atau, Anda harus mengganti kartrid.

Singkirkan kemungkinan kartrid tinta tersumbat

Seiring waktu, tinta mengeras dan mulai menyumbat nosel. Kartrid tinta yang tersumbat atau tersumbat dapat mencegah printer Anda mencetak dengan benar. Dalam kasus ini, Anda dapat membersihkan kartrid tinta dari panel kontrol printer atau membersihkannya secara manual.

Periksa pemasangan kartrid yang salah

Kartrid yang rusak atau terlepas akan menghalangi printer Anda untuk bekerja dengan benar.

Untuk mengetahui apakah itu masalahnya bagi Anda, keluarkan kartrid Anda untuk memeriksa apakah ada yang rusak. Jika Anda menemukan kartrid yang rusak, gantilah.

Jika semua kartrid Anda dalam kondisi baik, pasang kembali kartrid Anda.

Pastikan semua kartrid Anda berfungsi dengan benar, kemudian coba cetak halaman. Jika printer Anda masih tidak dapat mencetak, lanjutkan ke perbaikan berikutnya.

Baca Juga : Jenis Jenis Printer

  1. Perbarui Driver Printer Anda

Masalah printer kemungkinan besar terjadi ketika driver printer tidak diinstal dengan benar pada PC Anda, atau entah bagaimana rusak. Untuk memperbaikinya, coba instal driver terbaru untuk printer Anda.

Produsen printer Anda terus mengupdate driver. Untuk mendapatkannya, Anda perlu mengunjungi situs web produsen printer Anda, mencari driver yang sesuai dengan versi Windows versi Windows Anda (misalnya, Windows 32 bit) dan mengunduh driver secara manual.

Setelah Anda mengunduh driver yang benar untuk sistem Anda, klik dua kali pada file yang diunduh dan ikuti petunjuk di layar untuk menginstal driver.

  1. Jalankan Windows Troubleshoot Printer

Windows memiliki pemecah masalah bawaan untuk masalah teknologi umum. Jika Anda mengalami masalah printer apa pun, kami menyarankan Anda menjalankan alat untuk melihat apakah itu dapat membantu Anda mengatasi masalah. Ikuti instruksi di bawah ini:

Jika Anda menggunakan Windows 7 atau 8

  1. Pada keyboard Anda, tekan tombol logo Windows  , lalu ketik
  2. Pilih
  3. Klik gunakan printer atau use printer.
  4. Klik
  5. Tunggu komputer Anda secara otomatis mendeteksi masalah printer Anda, lalu ikuti petunjuk di layar untuk memperbaikinya. Setelah proses pemecahan masalah selesai, cetak halaman untuk melihat apakah printer Anda berfungsi dengan benar.

Jika Anda menggunakan Windows 10

  1. Pada keyboard Anda, tekan tombol logo Windows  dan ketik  troubleshoot
  2. Pilih Troubleshooting settings.
  3. Klik Printer,  lalu klik  Jalankan troubleshoot
  4. Coba cetak halaman setelah pemecahan masalah selesai.

Itulah cara mengatasi printer mencetak halaman kosong. Semoga artikel kami dapat membantu kalian. Apabila terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar