Bagaimana Cara Menambahkan Wifi ke PC Desktop?

Tidak semua PC desktop dilengkapi dengan wifi built-in, untuk itu kami akan memberikan informasi tentang cara menambahkan wifi ke PC Desktop. Anda memiliki beberapa opsi untuk menyambungkan PC desktop ke jaringan nirkabel: Anda dapat menggunakan …

Bagaimana Cara Menambahkan Wifi ke PC Desktop

Tidak semua PC desktop dilengkapi dengan wifi built-in, untuk itu kami akan memberikan informasi tentang cara menambahkan wifi ke PC Desktop.

Anda memiliki beberapa opsi untuk menyambungkan PC desktop ke jaringan nirkabel: Anda dapat menggunakan adaptor wifi USB, memasang kartu wifi PCIe khusus, atau meningkatkan ke motherboard baru dengan wifi internal.

Cara Menambahkan Wifi ke PC Desktop

Berikut akan kami berikan opsi untuk menambahkan Wifi ke PC atau Desktop komputer kalian di rumah atau kantor.

  1. Adaptor Wifi PCIe

Adaptor Wifi PCIe

Adaptor wifi PCIe menawarkan jenis konektivitas yang sama dengan yang Anda temukan di motherboard dengan wifi built-in. Mereka umumnya cenderung bekerja lebih baik daripada adaptor USB — yang paling kecil, paling tidak — memberi Anda koneksi yang lebih stabil untuk jarak yang lebih jauh (dan throughput yang lebih baik). Mereka juga bagus jika Anda tahu Anda akan perlu menggunakan sebagian besar (atau semua) atau koneksi USB sistem Anda. Lepaskan adaptor nirkabel Anda di tempat lain sehingga Anda memiliki banyak ruang untuk flash drive, dan mouse gaming.

Hanya ada tiga kerugian nyata pada adaptor wifi PCIe, dan itu relatif kecil. Pertama, perangkat ini bisa sedikit lebih mahal daripada adaptor wifi USB, tergantung pada kemampuan yang ingin Anda dapatkan.

Kedua, Anda harus menginstalnya di sistem Anda. Itu seharusnya tidak menjadi masalah bagi kebanyakan orang, tetapi ini bisa menjadi masalah bagi pemula. Akhirnya, tergantung pada konfigurasi motherboard Anda dan berapa banyak perangkat keras lain yang Anda masukkan ke dalam sistem Anda, Anda mungkin tidak memiliki ruang untuk adaptor wifi PCIe khusus. Jika demikian, itu kembali ke adaptor USB untuk Anda.

Baca Juga: Cara Mengatasi Bug di Komputer

  1. Adaptor Wifi USB

Adaptor Wifi USB

Adaptor wifi USB tidak bisa lebih mudah digunakan, dengan asumsi tidak ada kebiasaan dengan cara sistem operasi Anda mengenali atau menggunakan perangkat. Cukup hubungkan ke desktop atau laptop Anda. Anda mungkin harus menginstal beberapa driver untuk mengaktifkan dan menjalankannya, tetapi memberikan kemampuan nirkabel sistem Anda harus menjadi rutinitas plug-and-play yang mudah setelah itu.

Karena ini adalah adaptor USB, Anda dapat menyambungkannya ke port USB yang berfungsi di sistem Anda — di bagian depan atau belakang sistem Anda, dan juga USB 2.0 atau USB 3.0. (Meskipun Anda mungkin ingin mencoba USB 2.0 jika Anda mengalami masalah dengan port USB 3.0 pada desktop yang lebih lama.)

Kerugian dari adaptor wifi USB adalah bahwa Anda mungkin menemukan diri Anda offline jika sistem Anda tertidur. Anda pasti ingin bermain-main dengan pengaturan Window untuk mode tidur (terkadang, jawabannya mungkin pilihan yang tidak terlalu jelas ). Anda bahkan mungkin harus masuk ke BIOS motherboard Anda untuk memastikan tidak ada pengaturan yang memulai perangkat USB Anda saat sistem Anda tidur. Anda juga bisa menonaktifkan mode tidur sepenuhnya, yang bukan ide terburuk.

Selain itu, adaptor wifi USB dapat menjadi hit dan miss dengan kinerjanya. Pastikan apa pun yang Anda beli setidaknya memiliki peringkat untuk kecepatan yang dapat didukung router Anda — jangan membeli adaptor nirkabel-n yang murah jika Anda baru saja membeli router AC1200 baru, misalnya. Dan ketahuilah bahwa adaptor bukanlah jaminan; Anda mungkin masih memiliki konektivitas yang tidak stabil di mana pun Anda mencoba menghubungkan sistem Anda, atau adaptor mungkin tidak sekuat yang terdengar di atas kertas.

Jika Anda tahu bahwa sistem Anda akan selalu membutuhkan akses wifi, lebih baik Anda berinvestasi dalam adaptor PCIe dengan antena khusus. Meskipun ini tidak dijamin untuk selalu mengalahkan adaptor USB untuk kinerja dalam setiap situasi, kemungkinan besar Anda akan menemukan kecepatan yang lebih baik dan latensi yang lebih rendah (setidaknya, dibandingkan dengan adaptor USB 2.0 kecil).

Itulah cara menambahkan wifi ke pc desktop, dengan mengetahui tutorial di atas kami berharap kalian dapat menambahkan wifi ke komputer kalian.

Apabila terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar