Cara Memperbaiki Masalah Layar Biru Di Windows 10

Pada Windows 10, Blue Screen of Death (BSoD) – juga dikenal sebagai “layar biru”, “stop error”, atau “system crash” – akan selalu terjadi setelah terjadi kesalahan kritis, yang tidak dapat ditangani oleh sistem dan menyelesaikan …

Cara Memperbaiki Masalah Layar Biru Di Windows 10

Pada Windows 10, Blue Screen of Death (BSoD) – juga dikenal sebagai “layar biru”, “stop error”, atau “system crash” – akan selalu terjadi setelah terjadi kesalahan kritis, yang tidak dapat ditangani oleh sistem dan menyelesaikan secara otomatis.

Biasanya, Anda akan mengalami kesalahan layar biru selama proses peningkatan Windows 10, saat startup, atau secara acak saat aktif menggunakan laptop atau desktop Anda. Bagian yang paling membuat frustrasi dari semuanya adalah Anda hanya akan melihat latar belakang biru solid dan wajah karakter sedih tanpa informasi yang cukup berharga untuk menentukan penyebab sebenarnya dari masalah tersebut.

Layar akan menampilkan pesan petunjuk, seperti “PC Anda mengalami masalah dan perlu dihidupkan ulang. Kami hanya mengumpulkan beberapa info kesalahan, lalu kami akan memulai ulang untuk Anda.” Atau kode kesalahan berhenti umum (seperti VIDEO_TDR_TIMEOUT_DETECTED, PAGE_FAULT_IN_NONPAGE_AREA, CRITICAL_PROCESS_DIED, SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION, DPC_WATCHDOG_VIOLATION, atau IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL). Atau kode heksadesimal (seperti 0x000000D1, 0x0000000A, atau 0x0000007B), tetapi mereka hanya hieroglif bagi sebagian besar pengguna.

Cara Memperbaiki Masalah Layar Biru Di Windows 10

Saat meningkatkan ke versi baru Windows 10, Anda mungkin melihat kesalahan layar biru, yang dapat terjadi karena berbagai alasan. Ini bisa jadi akibat masalah kompatibilitas dengan program lama atau perangkat lunak keamanan. Atau bisa juga karena file yang rusak di instalasi saat ini atau media instalasi yang rusak – untuk beberapa nama.

Biasanya, saat terjadi kesalahan, penyiapan akan mengembalikan perubahan ke penginstalan sebelumnya tanpa alasan.

Jika Anda mengalami kesalahan selama penginstalan Windows 10, menghapus instalan aplikasi yang tidak penting, menghapus unduhan yang rusak, memutuskan sambungan periferal yang tidak penting, atau bahkan melakukan penginstalan yang bersih dari OS dapat menyelesaikan masalah.

Copot Pemasangan Aplikasi Yang Tidak Kompatibel

Untuk menghapus aplikasi yang mungkin bentrok dengan penginstalan windows 10, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan
  2. Klik Aplikasi
  3. Klik Aplikasi & fitur
  4. Pilih aplikasi yang mungkin menyebabkan masalah dan klik tombol Copot pemasangan.
  5. Klik lagi tombol Copot Pemasangan.

Catatan cepat: Jika Anda menghapus aplikasi desktop lama, Anda mungkin perlu melanjutkan dengan petunjuk di layar.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, Anda mungkin perlu mengulangi langkah-langkah untuk mencopot pemasangan aplikasi tambahan, dan kemudian Anda dapat mencoba meningkatkan sekali lagi. Setelah pembaruan, Anda dapat menginstal ulang aplikasi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menambahkan Wifi ke PC Desktop?

Unduh Ulang File Penginstalan

Terkadang, jika Anda menggunakan Pembaruan Windows untuk memutakhirkan sistem, Anda mungkin melihat Blue Screen of Death ketika satu atau beberapa file instalasi rusak selama proses pengunduhan. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan aplikasi Pengaturan untuk menghapus file sebelumnya yang memungkinkan Pembaruan Windows untuk mengunduh ulang file tersebut.

Untuk mengizinkan Pembaruan Windows mengunduh ulang file pemutakhiran, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Klik Sistem.
  3. Klik Penyimpanan.
  4. Di bawah bagian disk lokal, klik item File sementara.
  5. Hapus opsi yang telah dipilih sebelumnya.
  6. Periksa opsi file instalasi Windows Sementara.
  7. Klik tombol Hapus file.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, buka pengaturan Pembaruan Windows dan coba untuk meningkatkan sekali lagi.

Jika Anda melanjutkan masalah yang sama, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan utilitas Update Assistant untuk melakukan peningkatan di tempat. Atau jika utilitas tidak berfungsi, Anda juga dapat mencoba menggunakan Alat Pembuatan Media untuk membuat media penginstalan untuk menginstal versi baru.

Analisis Masalah Peningkatan

Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan alat SetupDiag untuk memecahkan masalah kesalahan layar biru. SetupDiag adalah alat yang disediakan Microsoft sebagai unduhan opsional untuk mendiagnosis dan menentukan mengapa pembaruan atau pemutakhiran gagal diterapkan, yang merupakan informasi berharga yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah pemeriksaan bug.

Untuk menggunakan SetupDiag setelah pemutakhiran Windows 10 gagal dengan layar biru, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman unduh SetupDiag.
  2. Klik tombol Unduh SetupDiag.
  3. Pilih folder tujuan untuk menyimpan file.
  4. Klik tombol Simpan.
  5. Buka File Explorer.
  6. Arahkan ke folder tempat Anda mengunduh file.
  7. Klik kanan “SetupDiag.exe” dan pilih opsi Jalankan sebagai administrator.
  8. Klik kanan file SetupDiagResults.log dan pilih opsi Buka.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, editor teks default akan membuka file log dengan hasil diagnostik berdasarkan aturan yang diketahui yang ditentukan oleh Microsoft.

Jika kesalahan terdeteksi, log akan merinci informasi untuk menentukan mengapa perangkat layar biru selama pembaruan, dan jika itu adalah masalah yang diketahui, Anda juga akan mendapatkan langkah-langkah untuk mengatasinya.

Terkadang Anda tidak mendapatkan rekomendasi apa pun. Jika ini terjadi, ikuti tautan (jika ada) yang tersedia di file log, atau gunakan kode kesalahan atau informasi penting apa pun untuk meneliti masalah secara online.

Itulah cara memperbaiki masalah layar biru di windows 10, dengan mengetahui tutorial diatas kami berharap kalian dapat mengatasi masalah tersebut.

Perlu diketahui cara memperbaiki masalah layar biru di windows 10 ini memang sedikit rumit, jadi kalian harus melakukan langkah demi langkah.

Apabila terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar