Cara Membuat dan Mencetak Kartu Nama Sendiri dengan Printer

Kartu nama sangatlah penting untuk marketing. Karena itu kami akan memberikan cara membuat dan mencetak kartu nama sendiri. Banyak pemilik bisnis rumahan meremehkan kekuatan kartu nama. Meskipun sering kali berakhir di sampah, kartu nama yang …

Cara Mudah Membuat dan Mencetak Kartu Nama Sendiri

Kartu nama sangatlah penting untuk marketing. Karena itu kami akan memberikan cara membuat dan mencetak kartu nama sendiri.

Banyak pemilik bisnis rumahan meremehkan kekuatan kartu nama. Meskipun sering kali berakhir di sampah, kartu nama yang dipikirkan dengan matang dapat menjadi salah satu alat pemasaran offline terbaik yang Anda miliki.

Ketika Anda mempertimbangkan betapa terjangkau dan portabelnya mereka, masuk akal untuk selalu memiliki beberapa untuk Anda bagikan. Plus, dengan kertas kartu nama berkualitas berlubang dan printer berwarna yang terjangkau, membuat kartu nama Anda sendiri bisa cepat dan mudah, dan ideal jika

Anda hanya membutuhkan jumlah kecil atau kehabisan kartu biasa dan perlu beberapa untuk membantu Anda sampai Anda memesan yang baru. Berikut cara mendesain dan mencetak kartu nama sendiri.

Cara Membuat dan Mencetak Kartu Nama Sendiri

Cara Membuat dan Mencetak Kartu Nama Sendiri

Desain Kartu Anda

Apa yang Akan Anda Taruh di Kartu Anda? Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah memutuskan apa yang akan ada di kartu Anda. Kartu bisnis tradisional memiliki nama, gelar, alamat, telepon, email, dan faks Anda, jika Anda memilikinya.

Banyak juga yang menyertakan foto Anda yang dapat membantu memudahkan orang mengingat pernah bertemu dengan Anda. Namun, jenis kartu ini juga sering dibuang. Jadi, meskipun Anda ingin informasi kontak Anda ada di kartu Anda, pertimbangkan untuk menambahkan sesuatu yang akan membujuk mereka untuk menyimpannya sebagai referensi.

Misalnya, banyak agen properti menyertakan bagan hipotek untuk membantu orang mengetahui berapa banyak rumah yang mampu mereka beli. Jika memiliki toko online, Anda mungkin menawarkan kupon pada kartu bisnis Anda. Seorang pelatih atau konsultan dapat memberikan daftar tip penting.

Kunci untuk menawarkan lebih dari sekedar informasi kontak adalah dengan mengingat bahwa ukuran kartu bisnis Anda kira-kira 2 inci kali 3 inci. Anda tidak ingin menjejalkan terlalu banyak informasi sehingga orang tidak dapat membacanya.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memiliki kartu dua sisi. Meskipun ini menambah sedikit biaya dalam hal penggunaan tinta printer, ini adalah cara yang bagus untuk memberi orang informasi yang kemungkinan besar mereka simpan.

Logo dan Skema Warna:  Seiring dengan konten kartu Anda, Anda perlu mempertimbangkan citra bisnis Anda. Jika Anda memiliki logo, Anda pasti ingin memasukkannya. Anda juga ingin memilih skema warna yang cocok dengan konten pemasaran Anda yang lain seperti situs web, brosur, kop surat, dll.

Saat membuat dan memesan kartu dari tempat seperti Vistaprint, Anda memiliki berbagai skema warna latar belakang yang memungkinkan. Namun, karena tinta membutuhkan biaya, dan kualitas cetak dapat bervariasi, Anda akan lebih baik memilih kartu warna putih atau krem ​​untuk menambahkan konten Anda, daripada latar belakang yang cerah atau warna-warni jika Anda akan mencetak di rumah.

Baca Juga: Tips Mengatasi Printer Yang Sering Bermasalah

Program untuk Desain Kartu Nama

Sekarang setelah Anda membuat konsep kartu Anda, inilah saatnya untuk benar-benar mendesainnya untuk dicetak. Ada beberapa cara untuk melakukan ini.

Canva:  Jika Anda belum memeriksa Canva untuk materi pemasaran, Anda harus melakukannya. Banyak orang menganggap Canva sebagai tempat membuat grafik media sosial, tetapi Anda juga dapat membuat materi cetak seperti kartu nama, brosur, dan kop surat.

Yang menyenangkan adalah dengan Canva versi berbayar, Anda dapat menyimpan warna dan logo merek Anda. Tetapi bahkan dengan opsi gratis, Anda dapat membuat warna kohesif di seluruh materi pemasaran Anda.

Kartu nama Canva berukuran 3,5 inci kali 2 inci. Jika Anda membutuhkan ukuran lain, Anda dapat memasukkan ukuran yang Anda butuhkan. Saat Anda memuat template kartu nama, Canva memberi Anda banyak tata letak gratis untuk dipilih, atau Anda dapat membuatnya sendiri. Setelah Anda membuat kartu, cukup unduh (Anda memiliki beberapa opsi unduhan dari jpg, png dan PDF), dan simpan di komputer Anda. Atau, Anda dapat memesannya dari Canva.

Templat Microsoft Word dan Publisher:  Microsoft Word dan Publisher keduanya dilengkapi dengan templat kartu nama untuk kartu nama. Anda mungkin harus mengunduhnya, tetapi melalui program ini Anda dapat mencari jenis dokumen yang ingin Anda buat dan kemudian memilih dari berbagai templat.

Penting untuk memperhatikan templat untuk memastikannya sesuai dengan tata letak yang Anda miliki di layar komputer Anda. Meskipun sebagian besar kertas kartu nama pra-perforasi memiliki 10 kartu per halaman, semuanya tidak memiliki tata letak yang sama.

Untuk menghindari kesalahan cetak, Anda pasti ingin memastikan tata letak di layar Anda cocok dengan kertas.

Saat Anda membuka Word atau Publisher, Anda bisa membuka file kartu nama dan membuat kartu Anda, atau mengimpor desain yang Anda buat di tempat lain. Cara melakukannya berbeda-beda, bergantung pada program dan versi yang Anda gunakan.

Di beberapa program Word, Anda ingin memilih Surat dari pita menu atas, lalu Label . Klik tombol Options dan kemudian pilih apa yang akan Anda cetak untuk membuka template.

Di Word 2016, pilih File -> Baru , dan masukkan “Kartu Nama” di kotak pencarian template. Anda akan melihat berbagai templat yang dapat Anda unduh secara gratis.

Di Publisher 2016, saat Anda membuka program, Anda biasanya melihat desain sebelumnya serta desain lain yang bisa Anda buat. Jika Anda tidak melihat apa yang Anda inginkan, klik Lebih Banyak Ukuran Halaman Kosong , dan di bawah Jenis Publikasi klik folder Kartu Nama , lalu ukuran dan orientasi kartu (lanskap atau potret).

Di sebelah kanan, Anda akan dapat melihat tata letak template. Sekali lagi, Anda ingin memastikannya sesuai dengan tata letak kertas Anda. Jika tidak, Anda dapat menyesuaikan template atau mengunduh dan mengimpor yang benar.

Opsi lainnya adalah mengunduh dan mengimpor templat Avery ke Word atau Publisher. Ini mungkin pilihan terbaik jika Anda sudah membeli kertas kartu nama dan ingin memastikan templat layar Anda akan cocok dengan kertas tersebut.

Perhatikan, bahwa banyak toko perkantoran memiliki merek kertas kartu nama mereka sendiri yang sering kali akan memberi tahu Anda gaya Avery yang cocok.

Setelah templat ada dalam program Anda, Anda dapat menambahkan konten Anda dengan memastikan bahwa Anda tetap berada dalam panduan templat.

Google Chrome Business Card Maker:  Jika Anda menggunakan Google Chrome, Anda dapat menambahkan Chrome Business Card Maker (atau buka BizCardMaker.com). Anda dapat memilih dari berbagai tema dan warna, dan setelah memasukkan informasi Anda, Anda dapat memesan atau mengunduh kartu Anda untuk dicetak.

Templat Kertas Kartu Bisnis:  Banyak merek kertas kartu nama yang dapat Anda beli akan menyertakan tautan ke situs tempat Anda dapat mengunduh templat yang sesuai dengan kertas yang Anda beli. Avery itu satu, tapi ada yang lain. Periksa di dalam atau di dalam wadah kertas kartu bisnis Anda untuk mendapatkan informasi.

Baca Juga: Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Printer Baru

Memilih Kertas Kartu Nama Anda

Ketika sampai pada kertas kartu nama, Anda memiliki banyak pilihan untuk dibuat. Untuk menghemat waktu dan keributan, belilah kertas kartu nama yang telah dilubangi sehingga Anda tidak perlu memotong kartunya sendiri. Setelah itu, Anda harus memilih:

Warna kertas: Putih dan krem ​​adalah warna yang paling umum

Stok Kertas: Anda dapat membeli stok kartu biasa yang paling terjangkau. Atau Anda bisa mendapatkan stok kartu premium yang lebih tebal dari biasanya.

Bahkan bisa dilapisi untuk memberikan kesan yang lebih kuat. Pilihan lainnya adalah plastik, yang jarang terlihat dan Anda perlu memeriksa printer Anda untuk memastikannya dapat menanganinya.

Ketebalan kertas: Semakin tebal kartunya, semakin kuat jadinya. Kebanyakan kartu nama memiliki 14 hingga 20 poin (1 poin = 1/1000 inci). Anda bisa mendapatkan kartu ekstra tebal hingga 32 poin. Minimal, Anda harus menggunakan stok kartu nama 14 poin.

Paper Finish: Anda memiliki pilihan antara hasil akhir yang mengkilap, yang sedikit mengkilap, atau hasil akhir matte. Jika Anda memiliki grafik atau banyak warna pada kartu Anda, hasil akhir yang mengkilap kemungkinan akan terlihat lebih bagus. Jika Anda kebanyakan memiliki teks hitam, hasil akhir matte akan menjadi pilihan terbaik.

Opsi Kertas Lainnya: Anda juga bisa mendapatkan kartu bertekstur atau linen jika Anda ingin lebih mewah. Pastikan printer Anda dapat menangani jenis kertas ini.

Printer: Kebanyakan kertas kartu nama dirancang untuk printer tertentu; baik laser atau inkjet. Pastikan Anda membeli kertas yang sesuai dengan jenis printer yang Anda miliki.

Pencetakan: Jika Anda akan melakukan pencetakan dua sisi, Anda sebaiknya memilih kartu yang tidak tembus pandang atau tinta dapat luntur. Ada stok kartu nama yang dibuat khusus untuk pencetakan dua sisi.

Templat Kartu Bisnis: Meskipun sebagian besar kertas kartu bisnis memiliki 10 kartu nama per halaman, tata letaknya dapat bervariasi. Jika Anda sudah mendesain kartu bisnis Anda, Anda pasti ingin memilih tata letak kartu bisnis yang sesuai dengan templat yang Anda gunakan.

Cetak Kartu Nama Anda Sendiri dengan Printer

Setelah Anda membuat kartu bisnis Anda, inilah waktunya untuk mencetak. Anda akan ingin mengikuti petunjuk templat kartu nama dan printer Anda, tetapi dasar-dasarnya adalah:

  1. Cetak halaman uji terlebih dahulu. Mencetak kartu nama dapat menggunakan banyak tinta, jadi sebelum Anda mencetak produk akhir Anda, cetaklah halaman uji terlebih dahulu. Anda dapat mencetak pada kertas kartu nama Anda, tetapi jika Anda tidak ingin menyia-nyiakannya, cetaklah pada kertas fotokopi biasa dan kemudian pegang salinan yang telah dicetak di atas kertas kartu untuk memastikan garisnya cocok. Anda mungkin perlu mengangkat kedua kertas ke arah cahaya.
  2. Cetak kartu Anda. Periksa setelan printer Anda untuk memastikan printer Anda disetel untuk mencetak pada kualitas kertas yang Anda gunakan (yaitu glossy versus matte), dan setel ke pencetakan berkualitas tinggi. Jika Anda mencetak kartu dua halaman, pastikan untuk menyetel printer Anda ke pencetakan dua halaman. Pilihan lainnya adalah menjalankan kertas melalui satu sisi, lalu mengalihkannya ke sisi lainnya. Pastikan Anda memasukkan kembali kertas ke dalam pengumpanan kertas dengan cara yang benar sehingga sisi kedua tercetak di sisi yang benar dengan arah yang benar.
  3. Cetak satu halaman dan periksa. Jika satu halaman itu terlihat bagus, Anda dapat mencetak lebih banyak. Tetapi hanya mencetak beberapa halaman saja. Dua halaman kertas kartu akan menghasilkan 20 kartu. Terlalu banyak halaman dapat membuat printer Anda macet. Lebih lanjut, tergantung pada suplai tinta Anda, halaman selanjutnya mungkin tidak berkualitas baik jika tinta Anda hampir habis. Jangan buang kertas bagus untuk hasil cetak yang buruk. Terakhir, jika Anda membutuhkan lebih dari 100 kartu, opsi yang lebih baik adalah memesannya. Setelah Anda mulai mencetak banyak kartu, Anda harus mempertimbangkan biaya kertas dan tinta cetak. Ada titik kritis di mana memesannya menjadi opsi pencetakan berlebih yang lebih terjangkau di rumah.
  4. Biarkan kartu nama Anda duduk sebentar untuk memastikan tintanya kering jika menggunakan printer inkjet.
  5. Lipat dengan hati-hati di sepanjang garis berlubang untuk melonggarkan ikatan kartu dan tarik terpisah. Mencoba merobek kartu terlalu banyak pada satu waktu atau terlalu cepat dapat menyebabkan sobekan atau tepinya tidak rata meskipun menggunakan kertas kartu dengan tepi bersih.

Kartu nama adalah cara yang terjangkau dan mudah untuk memberi tahu orang-orang tentang bisnis rumahan Anda. Dengan pencetakan rumah, Anda dapat memastikan Anda tidak pernah tanpa kartu nama. Selamat kalian telah berhasil menerapkan cara membuat dan mencetak kartu nama sendiri.

Itulah cara membuat dan mencetak kartu nama sendiri, dengan mengetahui tutorial di atas kami berharap kalian dapat membuat kartu nama sendiri.

Apabila terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar