Cara Membersihkan atau Cleaning Head Printer Epson

Ketika kualitas cetak printer Epson Anda berkurang, head printer kotor mungkin menjadi penyebabnya. Oleh karena itu kami akan membahas tentang cara membersihkan head printer Epson. Head Printer bertugas untuk mentransfer tinta ke kertas. Seiring waktu, …

Cara Membersihkan Catridge Printer Epson Terbaru

Ketika kualitas cetak printer Epson Anda berkurang, head printer kotor mungkin menjadi penyebabnya. Oleh karena itu kami akan membahas tentang cara membersihkan head printer Epson.

Head Printer bertugas untuk mentransfer tinta ke kertas. Seiring waktu, tinta yang mengering dapat menyumbat head printer, mengakibatkan garis terang atau gelap muncul di seluruh dokumen hasil cetak Anda.

Membersihkan kepala printer dapat menghilangkan penyumbatan ini dan memulihkan aliran tinta yang benar. Untuk itu perhatikan cara membersihkan head printer pada Epson ini.

Cara Membersihkan Head Printer Printer Epson

Cara membersihkan head printer Epson ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, bahkan pemula sekalipun. Karena itulah kalian dapat membersihkannya sendiri tanpa perlu repot repot membawanya ke tukang service.

Untuk cara membersihkan head printer Epson, perhatikan langkah demi langkah berikut ini:

  1. Hidupkan printer dan pastikan tidak ada pekerjaan cetak yang sedang dicetak. Jika lampu tinta di bagian depan printer berkedip maka Anda harus mengganti kartrid sebelum melanjutkan.
  2. Pastikan ada kertas dalam printer, setidaknya kalian dapat memberikan 2-3 kertas. Kertas ini digunakan untuk mengetes printer nantinya
  3. Klik “Start” dan “Devices and Printers” untuk melihat daftar semua printer yang diinstal dan kemudian klik dua kali printer Epson Anda.
  4. Klik dua kali “Adjust Print Options” untuk membuka kotak dialog Printing Preferences. Pilih tab “Maintenance” dan klik “Head Cleaning.”
  5. Sebagai alternatif, Anda dapat mengklik kanan ikon printer pada system tray dan memilih opsi “Head Cleaning”. Opsi ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada versi perangkat lunak Epson yang diinstal pada komputer Anda. Dari Mac, Anda harus mengklik “Applications,” pilih “Epson Printer Utility” dan kemudian pilih printer Epson Anda dari daftar. Klik “OK” dan kemudian pilih opsi “Pembersihan Kepala” untuk membuka kotak dialog Pembersihan Kepala.
  6. Klik “Start” saat diminta untuk memulai proses pembersihan. Beberapa versi perangkat lunak Epson mengharuskan Anda untuk mengklik “Next” untuk melanjutkan.
  7. Tunggu hingga proses pembersihan kepala selesai. Proses ini mungkin memerlukan waktu beberapa menit. Jangan sampai mematikan printer selama proses pembersihan karena dapat merusak perangkat secara permanen. Lampu daya printer yang berkedip selama proses pembersihan, akan berhenti berkedip setelah proses selesai. Jadi tunggu lampu daya printer sampai tidak berkedip.
  8. Klik opsi “Print Nozzle Check Pattern” dan kemudian klik “Print.” Printer Anda mencetak serangkaian garis untuk memastikan apakan tinta printer dapat dicetak dengan baik. Dari Mac, klik “Konfirmasi” diikuti dengan “Berikutnya”.
  9. Tinjau hasil pemeriksaan yang dicetak. Jika pola menunjukkan garis padat tanpa celah atau cetakan samar, proses pembersihan berhasil dan Anda dapat mengklik “Selesai”. Jika pola memiliki celah, klik “Bersihkan” untuk menjalankan kembali proses pembersihan head printer.

Itulah yang dapat saya sampaikan pada artikel cara membersihkan atau cleaning head printer Epson ini, semoga tutorial ini dapat membantu mengatasi masalah pada printer Epson kalian.

Tinggalkan komentar