Cara Ganti dan Tempat Oli Gardan Beat Semua Tipe

GUDANG TECH – Oli gardan pada motor Honda Beat harus diganti secara berkala, karena jika tidak akan mempengaruhi performa mesin. Untuk itu kalian perlu mengetahui cara ganti oli gardan Beat yang benar.

Motor matic memiliki perbedaan penggunaan oli karena terdiri dari 2 jenis yaitu oli mesin dan oli gardan. Keduanya memiliki fungsi sama sebagai pelumas pada mesin.

Dimana agar performa dan kenyamanan motor matic tetap terjaga maka harus dilakukan ganti oli secara rutin yaitu untuk oli mesin setiap 1 bulan sekali dan oli gardan setiap 2-6 bulan sekali.

Kali ini kita akan membahas tentang oli gardan. Sebelumnya kita sudah membahas oli gardan, namun jika kalian sudah agak lupa saya akan menjelaskan kembali.

Jadi oli gardan atau nama lainnya oli transmisi berfungsi sebagai pelumas mesin transmisi pada motor matic.

Salah satu merk motor matic yang penggunanya cukup banyak saat ini adalah Beat. Banyak alasan kenapa memilih motor Beat karena bodynya yang simple, kuat serta hemat bahan bakar daripada merk yang lain. Tidak salah menjadi pilihan bagi penyuka kendaraan motor matic.

Kali ini kita akan membahas cara ganti dan tempat oli gardan Beat, sebenarnya cara ini tidak hanya bisa dilakukan pada motor Beat saja.

Waktu ideal penggantian oli gardan adalah jika sudah mencapai 4.000 km atau dalam 1 bulan namun maksimalnya bisa pada 10.000 km tetapi itu sangat lama sekali.

Jadi pilihan yang paling terbaik adalah jika sudah mencapai 4.000 km. Jika kalian ingin mengganti pada 10.000 km akan membuat mesin pada transmisi aus karena kekurangan pelumas sehingga mengeluarkan bunyi berisik.

Munculnya suara berisik itu akibat gesekan antar gigi transmisi yang kehabisan pelumas.

Oh iya ukuran km di buku service Beat tidak tersedia jadi kalian gunakan km pada spedometer motor untuk menghitung sudah mendapatkan berapa km sehingga tahu waktu ideal penggantian oli gardan.

Atau bisa juga dengan mencatat manual sendiri sehingga tidak lupa nanti ketika tiba waktunya ganti oli gardan.

Lalu bagaimana cara ganti oli gardan Beat dan apa saja alat yang dibutuhkan? Berikut ini akan kami jelaskan secara detail.

Alat dan Bahan Untuk Ganti Oli Gardan Beat

Saat akan ganti oli gardan beat sendiri, kalian tentunya memerlukan alat dan bahan untuk proses penggantian. Jadi siapkan berikut ini.

  • Kunci dengam ukuran 10-12 mm bisa pakai kunci T, kunci shock atau kunci Ring.
  • Tempat atau wadah penampung bekas oli gardan.
  • Oli gardan baru.
  • Lap bersih.

Baca Juga: Cara Ganti Oli Gardan Beat

Cara Ganti Oli Gardan Beat

Sebelum menuju penggantian oli gardan, kalian harus tahu terlebih dahulu dimana lokasi atau tempat oli gardan Beat.

Jadi tempat oli gardan Beat ada di bagian belakang motor sebelah kiri yang terdiri dari dua lubang yaitu lubang in atau baut pengisi pada bagian atas dan lubang out atau baut penguras yang terletak pada bagian bawah.

Nah setelah kalian tahu tempat oli gardan beat, selanjutnya adalah langkah-langkah cara ganti oli gardan Beat.

  1. Parkirkan motor di tempat datar lalu pakai standar tengah untuk parkir.
  2. Buka baut in atau baut pengisian di bagian atas dengan menggunakan kunci T dan putar searah jarum jam.
  3. Siapkan wadah atau tempat untuk diwadahkan bekas oli gardan dan letakkan dibawah baut pembuangan.
  4. Buka baut out atau baut penguras dengan kunci yang sama juga sampai benar-benar terlepas.
  5. Pastikan semua oli gardan di dalam tangki dikeluarkan.
  6. Pasangkan kembali lubang out terlebih dahulu menggunakan kunci T dengan kencang.
  7. Buka ujung tutup botol oli gardan baru lalu tuangkan ke tangki oli gardan melalui lubang in atau baut pengisian dengan ditekan hingga semua oli masuk ke dalam tangki oli gardan.
  8. Terakhir jika oli gardan baru sudah masuk kalian hanya perlu memasang kembali lubang in dengan baut pengisian menggunakan kunci T dengan kencang.
  9. Jangan lupa lap dengan bersih bagian tangki dari sisa-sisa oli hingga bersih.
  10. Cek juga apa terjadi kebocoran atau tidak pada tangki, jika tidak maka penggantian oli gardan kalian berhasil.

Cara ganti oli gardan Beat ini dapat digunakan pada semua tipe Beat seperti Beat Street, Beat FI, atau Beat yang lainnya

Untuk merek jenis oli gardan ada banyak misalnya oli gardan SAE 90, oli gardan SAE 140 , oli transmisi ATF.

Kalian bisa milih sesuai dengan kapasitas motor matic kalian atau rekomendasi teknisi sesuai jenis mesin motor matic kalian dan harga oli gardan juga cukup terjangkau mulai Rp.10.000 an saja. Bisa kalian dapatkan di bengkel resmi atau bengkel motor matic lokal.

Sampai disini pembahasan kita kali ini tentang cara ganti dan tempat oli gardan Beat, semoga bermanfaat untuk kalian. Jika ada pertanyaan tinggalkan saja komentar di kolom yang sudah tersedia. Jangan lupa share juga ya dan terima kasih sudah mampir membaca.

Tinggalkan komentar